The Kite Runner

The Book

Sudah banyak komentar fantastis tentang buku ini. Buku yang tidak cuma membawa kita pada petualangan batin penulisnya, tapi juga membawa kita menuju Afganisthan, negara yang hanya dikenal lewat berita-berita negatif ala pers Barat.  Dan saya pun termasuk orang yang “tercekat” saat membaca novel ini. Khaled Hosseini membuat saya terpaksa menangis semalam di Metro Mini yang mengantar saya dari Senen ke Citeureup. Menangisi keegoisan Amir, ketulusan hati Hasan, persahabatan yang tidak egaliter namun indah. 

Meski masih ditulis dengan aroma “Barat”, maklum saja Khaled tidak pernah menginjakkan kakinya ke Afgan, tapi.. oke dia sudah berusaha sangat baik menceritakan Afgan dari masa ke masa. Membaca Kite Runner seperti membaca sejarah Afgan yang dituturkan bukan dari lidah militer, Rusia, Taliban atau Mujahidin. Tapi membacanya dari bibir anak-anak, dari masa ke masa.

The Film

Marc Foster sang director Monster Ball dan Finding Neverland mengajak saya ke Afganisthan. Merasakan debu dan panasnya Afghan.  Merasakan sensasi keegoisan Amir, ketulusan Hasan, persahabatan The Sultan of Afghan. Dari layar laptop 14 inci, sambil menemani Syah tidur, dengan sangat terpaksa kadang aku masih harus mengelap mata (hehehehehehe).

Imajiku akan sosok Amir dan terutama Hasan dengan sangat sukses direalisasikan Marc. Wajahnya, raut mukanya, sesuai dengan imajiku. Namun, sayangnya yang membuatku terharu bukan lantaran sang director berhasil menciptakan suasana, chemistry dari novel itu. Alurnya yang terasa kejar-kejaran dan transisi antar inti cerita yang kurang halus membuatku kurang nyaman saat menontonnya.

Tapi, seperti bukunya, film yang mengambil lokasi syuting di China ini (gak mungkin dong syuting di Afghan) memang layak ditonton. Setelah film Children of Heaven beberapa waktu lalu, The Kite Runner memberi pelajaran pada anak-anak kita tentang cinta yang indah.  I will watch this movie again with Syah….

” For you, a thousand times over”

redrena 

~ by redrena on March 3, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: