Siapa Perempuan Paling Berpengaruh Tahun ini?

Secara tidak sengaja siang ini saya melihat satu polling (jajak pendapat) di Metro TV. Hari ini mereka mengeluarkan hasil polling mengenai perempuan-perempaun berpengaruh di negeri ini. Ada 10 orang yang dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh. Metode yang dilakukan adalah melalui polling lewat telepon secara acak. Namun tidak diinformasikan berapa jumlah orang ditelpon, kategori responden, tipe polling (tertutup atau semi terbuka), dll. Intinya penonton disuguhi hasil polling.

Saya tidak terlalu ingat siapa di peringkat berapa, tapi jika bisa disebutkan ada beberapa orang tokoh perempuan. Di posisi 10 ada Moeryati Sudibyo (karna disebut paling pertama makanya saya ingat..), lalu ada Christin Hakim, Mutia Hatta, Sri Mulyani, Ani SBY, Siti Fadilah Supari, aduh sisanya maaf saya lupa. Tapi ada dua orang yang membuatku berpikir siapa ya respondennya. Di posisi empat ada Tutut dan Megawati di posisi pertama.

Ya ampun saudara-saudaraku sekalian, sudah sedemikian butanya kah orang-orang Indonesia ini menyebutkan kedua orang itu? Apakah yang dimaksud sebagai orang berpengaruh itu adalah orang-orang yang memiliki kekuasaan sehingga apapun perannya bagi negeri ini tidak dipandang? Bukankah orang yang berpengaruh itu adalah orang yang memberikan manfaat bagi sesamanya, memperjuangkan kehidupan mereka, bekerja keras membangun sebuah kondisi yang lebih baik bagi mereka yang berada dalam kesukaran, atau sekalipun memiliki pengaruh pada kekuasaan adalah mereka yang memberikan pengaruhnya atas kekuasaan itu bagi kebaikan orang banyak?

Dua orang di atas bagi saya (tidak berarti kedelapan orang yang lain terbebas dari ini) bukanlah orang-orang yang membawa pengaruh baik bagi masyarakat. Mereka malah cenderung membuat kehidupan orang-orang mayoritas, yang lebih miskin, yang lebih membutuhkan perlindungan, terhantam. Apa yang dilakukan Tutut untuk negara ini selain menguras isinya saat ayahnya masih berkuasa bahkan sampai sekarang melalui gurita usahanya? Apa yang dilakukan Megawati (semoga Pak Karno tenang di alam kuburnya) selain menjual aset-aset negara, menumpuk hutang dan membebaskan koruptor-koruptor? Apakah itu yang termasuk dalam kategori mempengaruhi orang-orang?

Bulan ini, tepatnya tanggal 8 Maret, kaum perempuan memperingati Hari Perempuan Internasional. Hari dimana pada tahun 1908 perempuan-perempuan di dunia memulai perjuangan mereka menghapuskan kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan. Yang tidak hanya dialami oleh perempuan, namun juga berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi yang terjadi di masyarakat, terutama kaum pekerja. Berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi yang toh masih harus dirasakan oleh perempuan-perempuan kita. Tidak hanya mereka yang miskin namun juga mereka yang kaya. Tidak hanya mereka yang tidak berpendidikan tapi juga mereka yang berpendidikan. Tidak hanya mereka yang hidup di negara yang demokratis, tapi juga mereka yang hidup di negara yang komunis.

Mungkin Metro TV bermaksud memperingati Hari Perempuan Internasional ini melalui cara-cara yang lebih populis. Tapi alangkah baiknya jika tidak hanya faktor kepopuleran seseorang saja yang dijadikan pertimbangan. Dan alangkah jauh lebih bijak jika yang diangkat adalah mereka yang benar-benar memberi kontribusi secara nyata bagi masyarakat. Bukan mereka yang dekat dengan rejim, bukan mereka yang membawa keuntungan politis.

Karna masyarakat kita, diakui atau tidak masih sangat mengkultuskan individu. “Tokoh-tokoh” itu bukanlah tokoh yang layak dikultuskan, ketika mereka lebih memihak kepentingan asing, ketika mereka melakukan penindasan terhadap bangsanya sendiri, ketika mereka melakukan berbagai upaya pembodohan hanya untuk kepentingan kantung mereka sendiri.

Pada titik ini saya bertanya, apakah Kartini, Cut Nyak Dien, atau Rabiah tidak masuk kriteria itu? Setidaknya Kartini dan Cut Nyak Dien anti penindasan dan kolonialisme. Setidaknya Rabiah (Suster Apung) benar-benar mengabdi pada masyarakat.

Sayang sekali bukan saya yang ditelpon Metro.

redrena

~ by redrena on March 11, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: